» SQN

Sebar Qurban Nusantara

Perayaan Idul Adha bagi masyarakat muslim perkotaan terasa sangat meriah. Masjid-masjid di perumahan maupun di perkantoran menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. Terkadang begitu banyaknya hewan kurban, membuat pengurus masjid kewalahan dalam proses pendistribusian.

 

Pemandangan ini sangat berbeda manakala kita berjalan ke beberapa daerah lainnya. Hari raya Idul Adha hampir tidak berbeda dengan hari-hari lainnya. Tidak ada pemotongan hewan kurban di sana. Dan mungkin memang belum pernah ada pemotongan hewan kurban di sana. Dan yang cukup miris, hal ini terjadi juga di kampung ternak domba dan sapi.

 

Melalui program Sebar Qurban Nusantara, PKPU ingin mengajak masyarakat untuk membagi kenikmatan dengan para dhuafa di pelosok negeri. Kurban yang dititipkan melalui PKPU, akan didistribusikan melalui kantor perwakilan PKPU maupun jaringan relawan. Setiap tahun terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada program Sebar Qurban Nusantara. Pada tahun 2010, tidak kurang dari 13.070 orang pekurban (mudhohy) bergabung pada program ini.

 

Beberapa tahun terakhir, PKPU menyalurkan pula sebagian kurban ke negara-negara yang ditimpa krisis pangan, antara lain Ethiopia, Somalia, Rwanda, dan lain-lain.

 

Manfaat bagi Pekurban
Ada beberapa manfaat bagi peserta program Sebar Qurban Nusantara :

  1.   Pahala (kebaikan) dari ditunaikannya ibadah kurban
  2.   Ketenangan karena kurban tersalurkan secara tepat sasaran
  3.   Ketenangan karena kurban ditunaikan sesuai dengan tuntunan syariat
  4.   Kurban mampu menjangkau berbagai pelosok daerah
  5.   Kemudahan dalam menunaikan ibadah kurban (layanan transfer Qurban, e-registration, jemput kurban)
  6.   Terjaganya keikhlasan bersedekah, karena berkurban tanpa dikenali oleh penerima kurban

 

Kriteria Daerah Sasaran
Prioritas daerah sasaran kurban harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  1.   Sulit dijangkau (kumuh, terpencil)
  2.   Mayoritas penduduk termasuk kategori dhuafa (miskin)
  3.   Mengalami krisis pangan/air
  4.   Jarang mendapat bantuan daging kurban

 

Petugas Sebar Qurban Nusantara
Pada program Sebar Qurban Nusantara, PKPU memaksimalkan seluruh jaringan kantor cabang PKPU yang tersebar di berbagai provinsi di tanah air. Selain itu, jaringan relawan yang telah berpengalaman bertahun-tahun dalam mendistribusikan hewan kurban. PKPU juga bekerjasama dengan lembaga lain (yayasan, masjid, LSM), baik di dalam maupun luar negeri, dalam mengsukseskan program ini.

 

SIMAQU (Sistem Informasi Manajemen Qurban)
Program Sebar Qurban Nusantara didukung dengan sebuah sistem IT berbasis web yaitu SIMAQU. Hal ini bertujuan untuk menjamin keakuratan data maupun kecepatan dalam proses pendistribusian dan pelaporan. Melalui SIMAQU, pekurban dapat melakukan pemesanan hewan kurban melalui internet. Sistem ini akan mengirimkan laporan kepada pekurban, baik melalui SMS dan e-Mail.

 

Pelaporan
Setiap pekurban akan menerima laporan ketika hewan kurban telah dipotong (didistribusikan) kepada masyarakat dhuafa. Terdapat 2 (dua) jenis laporan :
a. Quick-report, adalah laporan singkat berupa SMS dan/atau e-mail kepada pekurban yang menerangkan bahwa hewan kurban telah dipotong (didistribusikan) kepada dhuafa di daerah tertentu. Laporan ini akan dikirimkan dalam waktu maksimal 1 x 24 jam setelah hewan dipotong (didistribusikan).
b. Complete-report, adalah laporan lengkap berupa e-mail atau surat (bagi yang memerlukan) kepada pekurban yang berisikan berita acara pemotongan dan foto hewan (hidup, dipotong, disribusi).

 

Pendaftaran Qurban
PKPU telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memudahkan para calon pekurban untuk bergabung pada program Sebar Qurban Nusantara ini.

  1. Calon pekurban dapat melakukan pendaftaran melalui website
  2. Calon pekurban dapat memanfaatkan layanan jemput qurban
  3. Calon pekurban dapat mendatangi kantor maupun gerai kurban